“Education is the most powerful weapon which you can use to change the world.”

Saturday, March 23, 2013

Komitmen Diri Pada Fakultas Psikologi USU


"Unless commitment is made, there are only promises and hopes... but no plans."

Beberapa waktu lalu, saya mengikuti latihan kepemimpinan dari Fakultas Psikologi Universitas Sumatera Utara tempat saya menimba ilmu saat ini. Latihan kepemimpinan yang diadakan selama dua hari ini (indoor dan outdoor- red: outbound) mengajarkan saya banyak hal yang mungkin telah mulai menghilang dalam pribadi saya saat ini. Salah satunya adalah tanggung jawab dalam diri masing-masing untuk memimpin diri sendiri sebelum dapat memimpin orang lain, termasuk tanggung jawab dalam berkomitmen terhadap sesuatu. 
Harus saya akui, saya bukanlah orang yang berani berkomitmen, bahkan saya termasuk orang yang berhati-hati dalam membuat suatu komitmen. Saya tahu komitmen adalah sesuatu yang harus kita pegang erat dan jaga dengan baik. Komitmen adalah sebuah prinsip. Karena itulah, saya selalu berpikir dahulu sebelum berkomitmen: Apakah benar komitmen ini dapat saya pegang dan jaga? Apakah saya mampu?
Menjadi seorang mahasiswa Psikologi pun perlu adanya komitmen, dan saya menyadari hal itu. Karena jika sesuatu tanpa komitmen, hanya akan ada janji dan harapan, tanpa adanya rencana. Atas dorongan dosen saya, saya tahu sudah saatnya saya berkomitmen pada Fakultas Psikologi USU. Ini bukanlah semata karena "tugas" atau "suruhan" dosen, namun ini adalah langkah pertama yang akan saya ambil agar saya dapat menjadi orang yang lebih baik dan berencana terhadap apa yang menjadi tujuan saya di masa depan. Ini adalah proses belajar yang harus semua orang lalui agar dapat membentuk karakter yang baik.
Maka, inilah komitmen saya sebagai mahasiswa Fakultas Psikologi USU:

1. Saya berkomitmen akan mematuhi semua aturan yang telah ditetapkan oleh Fakultas. Saya tidak akan lagi lalai dalam memenuhi semua kegiatan yang diselenggarakan dan akan selalu mematuhi semua aturan yang telah ada. Setelah mengikuti latihan kepemimpinan beberapa waktu lalu, saya mendapati bahwa selama ini saya telah dimanjakan oleh keadaan. Karena itulah, saya saat ini berkomitmen agar dapat keluar dari zona kenyamanan saya dan menjadi seorang pribadi yang lebih kuat dan disiplin serta siap menghadapi semua hal nantinya di masa depan.

2. Saya berkomitmen untuk belajar dengan lebih baik dan rajin selayaknya tugas seorang mahasiswa, agar dapat memahami materi kuliah dengan maksimal. Saya akan lebih rajin lagi dalam mempersiapkan semua materi kuliah sebelum kuliah dimulai, misalnya dengan lebih banyak membaca buku. Saya juga akan mengerjakan seluruh tugas yang diberikan dengan sebaik-baiknya dan dikumpulkan tepat waktu. Saya akan sedapat mungkin memenuhi semua kegiatan yang dilaksanakan Fakultas Psikologi USU guna membangun karakter diri saya menjadi seorang mahasiswa yang baik

3. Saya berkomitmen untuk mengharagai waktu yang ada, yang saya wujudkan dengan lebih tepat waktu dalam memenuhi dan menghadari semua hal, bukan hanya yang berkaitan dengan kegiatan di dalam Fakultas, tetapi juga di luar. Hal ini akan dapat membangun kemandirian saya dan penghargaan saya kepada penyelenggara. Dengan berbuat demikian, orang lain juga akan lebih menghargai saya. Lagipula waktu merupakan hal yang sangat berharga saat ini. Waktu tidak dapat dibeli dan tidak dapat diulang kembali.


4. Saya berkomitmen untuk menjaga etika saya, baik itu di dalam maupun di luar kampus. Terinspirasi dari kegiatan indoor untuk mendukung latihan kepemimpinan beberapa waktu lalu menyadarkan saya akan betapa pentingnya etika dalam kehidupan kita. Etika adalah identitas diri. Apakah kita akan dihargai oleh orang lain, atau bagaimana orang lain akan meresponi segala sikap kita sangat dipengaruhi etika kita. Etika dalam segala aspek kehidupan, akan saya jaga dengan baik, guna menjaga nama baik kampus, keluarga, orang yang saya sayangi, dan diri saya sendiri.


5. Saya berkomitmen untuk menjadi orang yang berguna, berprestasi, bagi bangsa dan negara. Setelah lulus dari bangku kuliah, saya berkomitmen akan mengabdikan diri kepada anak-anak bangsa yang ada di Indonesia, terlebih di kota Medan. Saya yang memang awalnya sangat menyukai anak-anak akan melakukan perubahan kepada para penerus bangsa kita nantinya. Segala hal yang dapat saya berikan, akan saya berikan. Saya menyadari ini adalah langkah yang besar. Namun, jika saya tidak mengambil suatu langkah awal, bagaimana saya dapat mempertahankan motivasi dan komitmen ini? Memasuki bangku kuliah dan memilih jurusan ini adalah salah satu upaya yang saya lakukan untuk memenuhi komitmen saya ini.


6. Saya berkomitmen untuk selalu memenuhi tanggung jawab atas segala kesalahan yang saya lakukan. Untuk menjadi seseorang yang berguna di masyarakat dan pemimpin di masyarakat, saya tahu saya harus berani bertanggung jawab atas semua kelalaian yang telah saya lakukan. Saya bersedia menerima segala konsekuensi dari kesalahan yang saya lakukan dan tidak akan melarikan diri dan menghindar dari semua konsekuensi itu.


Selain dari semua komitmen yang telah saya buat, saya berkomitmen untuk berusaha mewujudkan semua komitmen saya agar tidak mengecewakan diri sendiri dan semua orang yang telah menaruh harapan pada diri saya. Saya akan menjadi orang yang lebih baik di segala aspek kehidupan saya, dan membangun citra mahasiswa Fakultas Psikologi Universitas Sumatera Utara menjadi lebih baik lagi.











0 comments:

Post a Comment

Powered by Blogger.

© 2011 Learning by Sharing, AllRightsReserved.

Designed by ScreenWritersArena